
Branding Bisnis Yang Kuat dan Bagaimana Cara Membangunnya
Branding bisnis yang tepat dapat membuat usaha kamu mampu bertahan di pasar kompetitif. Jadi jangan sampai kamu salah melakukan branding bisnis yang akan kamu jalankan.
Memulai terjun di bidang bisnis atau usaha maka kamu harus siap untuk belajar banyak hal salah satunya adalah cara branding bisnis kamu. Bila suatu usaha memiliki branding yang kuat maka pokok usaha tersebut juga akan kuat. Sehingga akan lebih mampu bertahan melewati rintangan-rintangan perjalanan bisnis.
Ternyata cara branding bisnis itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu kamu bisa mencoba tips-tips yang saya bagikan berikut ini untuk branding bisnis kamu.
Branding bisnis itu perkara yang tidak mudah butuh kesabaran, ketekunan dan kerja keras, apalagi memulainya dari nol. Tapi kata sulit bukan berarti tidak bisa atau mustahil untuk kamu lakukan. Kamu harus benar-benar menyusun perencanaan brand yang matang.
Tips-Tips Membangun Branding Bisnis Yang Kuat
Kamu harus melewati beberapa langkah untuk membangun branding bisnis yang kuat. Semua harus dilakukan dengan cermat supaya hasil branding kamu tidak gagal. Inilah tips-tips branding bisnis yang bisa kamu coba:
Tentukan Target Pasar
Tips membangun branding bisnis yang pertama adalah menentukan target pasar atau audiens. Karena nanti konten promosi bisnis yang akan kamu bagikan harus sesuai dengen karakter target pasar kamu.
Maka dari itu sebelum kamu meluncurkan suatu brand produk ataupun jasa, target pasar sudah terpetakan dengan baik. Sehingga promosi atau iklan kamu benar-benar tertarget.
Setiap target pasar memiliki konsep iklan yang berbeda-beda. Contohnya target pasar perempuan remaja dan ibu rumah tangga jelas konten promosinya banyak perbedaan. Mulai dari konten edukasi, gambar atau foto, huruf dan lain sebagainya.
Sehingga pemetaan target pasar atau audiens benar-benar harus sudah matang sejak awal. Dengan begitu brand kamu mudah diingat karena konten promosinya sesuai dengan target audiensnya.
Memahami Brand Yang Kamu Buat
Tips branding bisnis yang kedua adalah kamu harus benar-benar faham dengan karakter brand yang kamu buat. Sama seperti halnya pemetaan target pasar, karakter brand untuk remaja dan ibu rumah tangga juga berbeda.
Jangan lupa karakter produk kamu harus mempunyai ciri khas yang akan menjadi pembeda antara brand-brand lain. Dengan begitu orang memilih brand kamu yang mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki brand lain. Keunikan ini yang akan membuat bisnis dikenal dan bisa bertahan.
Sekalipun banyak kompetitor di bisnis kamu tapi jika banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh competitor, kamu tetap bisa bersaing. Lantas bagaimana membuat karakter yang unik untuk brand kamu?
Pertama kamu anggap bahwa brand itu seperti manusia. Kamu tentukan nama, tampilan, kualitasnya yang menarik dan sesuai target pasar yang sudah kamu tentukan. Dengan begitu orang akan mudah mengingatnya.
Cek Kompetitor

Setelah kamu tentukan pasar dan mempelajari karakter brand kamu, jangan lupa lakukan tips branding bisnis yang ke tiga yaitu riset kompetitor. Kenapa perlu mempelajari para kompetitor bisnis?
Supaya kamu bisa terus berinovasi untuk terus berkembang, dari segi produk atau strategi pemasarannya. Selain itu supaya brand kamu terhindar dari yang namanya plagiarisme nama brand, logo, slogan atau unsur-unsur branding lainnya.
Sebab jika kamu diklaim sebagai pengikut atau lebih parahnya sebagai penjiplak maka efek berikutnya akan buruk. Maka dari itu pelajari semua yang kompetitor miliki, lalu berikan sentuhan inovasi dan strategi iklan yang lebih baik. Dengan begitu kamu bisa bersaing bahkan bisa mengalahkan para kompetitor bisnismu.
Membuat Nama, Logo, dan Slogan Yang Unik
Branding bisnis berikutnya adalah nama brand, logo dan slogan yang unik berbeda dengan yang lainnya. Ciri nama brand yang baik adalah menarik, unik dan menempel di ingatan. Sepeti gunakan nama brand dengan satu unsur kata tapi sudah bisa mewakili semuanya.
Menurut para pakar desainer logo, bahwa logo yang bagus adalah yang simpel, sederhana dan mudah diingat. Contohnya seperti logo brand yang sangat sukses tapi super simpel, yaitu NIKE. Lambang logonya hanya berupa centang tapi sangat melekat di benak orang bahwa itu logo NIKE. Atau logo Apple dengan apel tergigit di bagian sisi kanannya.
Tagline atau slogan dari suatu brand ternyata sangat berpengaruh untuk branding bisnis. Maka kamu harus membuat slogan yang menarik untuk brand kamu. contoh slogan-slogan perusahaan besar Honda “Si gesit Irit”. Yamaha tidak mau kalah dia buat slogan “Yamaha semakin di depan”.
Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Website Bisnis Anda
Terus Berkembang dan Berinovasi

Tips terakhir membangun branding bisnis yang kuat adalah lakukan inovasi dan berkembang. Brand yang mampu bertahan adalah brand yang mampu memenuhi kebutuhan zaman.
Sebab zaman itu selalu berjalan dan manusia selalu berkembang dari kebiasan, trend dan juga kebutuhan. Maka brand kamu juga harus berkembang mengikuti zaman jangan diam dan tidak mau melakukan inovasi.
Ada beberapa contoh brand besar yang dulu menjadi raja tapi sekarang terlupakan karena keegoisannya tidak mau mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.
Sebut saja NOKIA salah satu produk HP yang merajai dunia sebelum datangnya system android. NOKIA menjadi idaman bagi semua orang dan menjadi andalan bagi seluruh kalangan masyarakat.
Tapi sekarang NOKIA hilang dan hampir terlupakan, karena pemilik pesusahaan tidak mau mengikuti perkembangan teknologi dengan memasang system android di ponsel buatannya. Dan akhirnya hp android yang merajai pasaran dunia dan mengalahkan NOKIA. Okay sobat semua itulah 5 tips membangun branding bisnis yang kuat. Jika kamu ingin memulai bisnis apapun itu, jangan lupa meranjang teknik-teknik branding bisnis yang baik dan tepat. Semoga sukses!
Baca juga: Pahami Perbedaan Hosting dan Domain Sebelum Membuat Website