tools untuk seo
Januari 9, 2022 Oleh Prima Nursyami 0

Ini Dia 6 Tools untuk SEO yang Terbaik dan Sepenuhnya Gratis 2022

Search Engine Optimization atau SEO merupakan usaha-usaha mengoptimasi website dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Setidaknya sampai halaman pertama di halaman hasil pencarian. Dalam melakukan pekerjaan ini, Anda memerlukan banyak tools untuk SEO.

Baru dalam mempelajari SEO? Pelajari lebih banyak tentang pengertian SEO di artikel ini.
Pelajari juga cara mengukur performa SEO website di artikel ini.

Tools untuk SEO ini dapat membantu memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi, sehingga Anda bisa mengambil keputusan dan langkah yang terbaik terkait SEO. Misalnya mendapatkan insight performa trafik, mengukur kualitas backlink, dan masih banyak lagi.

Di dalam artikel ini, Saya ingin membagikan 6 tools untuk SEO yang terbaik yang dapat membantu Anda dalam melakukan SEO website Anda. Tools yang saya sebutkan ini juga benar-benar gratis, bukan sekedar trial. Namun tentu saja ada beberapa tools yang menyediakan versi premiumnya dengan fitur yang lebih lengkap. Langsung saja ya Saya sebutkan satu persatu.

1. Google Keyword Planner

Tools gratis buatan Google ini cukup efektif untuk membantu optimasi SEO on page. Google keyword planner sebetulnya berada di dalam layanan Google Ads. Walaupun begitu, tools ini tidak hanya efektif untuk dimanfaatkan dalam kebutuhan iklan, tapi juga sebagai tools SEO. Berikut ini beberapa hal yang tools ini bisa lakukan dalam rangka melakukan SEO:

  • Menemukan kata kunci baru
  • Melakukan riset keyword

Dengan kedua fitur tersebut, Anda dapat memasukkan kata kunci dan domain tertentu untuk melihat beberapa informasi penting, seperti:

  • Kata kunci yang relevan
  • Rata-rata volume pencarian
  • Tingkat kompetisi untuk masing-masing keyword
Hasil Pencarian Keywords di Google Keyword Planner

Anda ingin melakukan riset kata kunci yang sedang populer saat ini? Atau ingin mengetahui seberapa populer sebuah kata kunci? Gunakan saja tools yang satu ini. Google Trends bisa memberikan insight untuk Anda terkait popularitas suatu topik. Secara umum tools ini dapat melakukan hal berikut:

  • Mencari kata kunci yang sedang populer
  • Menambah referensi kata kunci baru
  • Membandingkan secara historis performa dari suatu kata kunci
  • Mengetahui tingkat popularitas suatu kata kunci terhadap geografis

Google trends tidak hanya menampilkan data hasil pencarian web saja. Tools ini juga menampilkan data hasil dari Google Images, Google News, Google Shopping, dan Youtube. Dengan informasi yang Anda dapatkan dari tools ini, Anda dapat mengatur strategi konten yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan target pasar Anda.

Cuplikan Layar Google Trends

3. Yoast SEO

Untuk Anda pengguna WordPress pasti sudah tidak asing lagi dengan tools yang satu ini. Yoast SEO merupakan salah satu plugin terpopuler di antara para pengguna WordPress. Bisa Saya bilang kalau plugin ini wajib untuk Anda pasang.

Tools ini sangat nyaman untuk digunakan. Pengguna hanya perlu memasangnya di dalam WordPress dan secara otomatis akan menganalisis apakah konten yang Anda buat sudah memiliki komponen pendukung SEO yang tepat.

Fitur gratis yang bisa Anda dapatkan dari Yoast SEO yaitu seperti focus keyword, meta description, meta tittle, readability, slug dan lainnya. Fitur-fitur ini akan berjalan secara realtime. Ketika Anda melakukan penulisan maka tools akan terus melakukan penghitungan dan memberikan saran perbaikan untuk Anda.

Yoast SEO juga bisa memberikan Anda rekomendasi interlink, notifikasi error page, canonical link dan How to schema untuk konten yang lebih terstruktur.

Cuplikan Layar Pemasangan Yoast SEO

4. Google PageSpeed Insights

Berapa lama waktu loading halaman website yang masih bisa Anda berikan toleransi? Apakah 5 detik? atau 7 detik? Sayangnya, menurut riset dari Google, sebanyak 53% pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website yang load time-nya lebih dari 3 detik saja.

Jika load time website Anda lebih dari 3 detik, maka kemungkinan nilai bounce rate halaman web Anda akan meningkat. Tentu saja itu tidak baik bagi SEO.

Kecepatan website sangat penting. Oleh karena itu tool seperti Google PageSpeed Insights akan sangat membantu Anda dalam melakukan self assesment. Tool ini akan memberikan Anda insight terkait dengan kecepatan website dalam mode desktop dan mobile. Skor penilaian dihitung berdasarkan beberapa kriteria yaitu seperti berikut ini:

  • First Contentful Paint, Berapa lama teks atau gambar muncul ke halaman browser
  • Time to Interactive, Durasi halaman hingga siap digunakan
  • Speed Index, Seberapa cepat halaman terlihat lengkap
  • Total Blocking Time, Jangka waktu antara FCP hingga waktu interaktif
  • Largest Contentful Paint, Waktu saat konten terbesar (teks atau gambar) mulai muncul di halaman browser
  • Cumulative Layout Shift, Deteksi gerakan elemen yang terlihat di situs
Cuplikan Layar Hasil Pengukuran Google PageSpeed Insights

5. Google Search Console

Setelah sekian panjang upaya Anda melakukan optimasi SEO, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan performa website. Eh malah seharusnya Anda melakukan pemeriksaan baseline dulu sejak awal, sebelum melakukan optimasi. Google Search Console bisa Anda gunakan sebagai tool yang akurat.

Akurasi dari tool yang dulu bernama Google Webmaster ini dapat Anda andalkan dan tidak perlu Anda ragukan keakuratannya. Karena proses datanya berasal dari sumber yang sama dengan mesin pencarian yang biasa digunakan oleh pengguna internet, yaitu Google. Berikut ini fitur yang dapat Anda dapatkan dari Google Search console:

  • Mengetahui referring domain
  • Menganalisis traffic website
  • Memeriksa kinerja website di perangkat mobile
  • Mencari ide keyword baru
  • Mengidentifikasi halaman terpopuler di website Anda
  • Memeriksa kompatibilitas website di perangkat mobile
  • Melihat backlink ke website Anda
  • Memeriksa broken link
  • Mengidentifikasi masalah keamanan website
  • Mengatur sitemap website

Sayang sekali jika Anda melewatkan tool yang satu ini karena data yang bisa Anda dapatkan dari tool ini cukup lengkap. Lakukan integrasi website Anda dengan tool ini sekarang juga.

Cuplikan Hasil Pengukuran Performa di Google Search Console

6. Google Analytics

Kalau Anda memiliki pertanyaan tools apa yang gratis dan memiliki fitur yang segudang, maka Saya akan menjawab kalau Google Analytics adalah salah satunya. Google Analytics memiliki kemampuan untuk memantau performa website. Dengan segala kemampuannya ini, maka Google Analytics bisa memiliki pengguna hingga hampir 30 juta.

Berikut ini fitur yang bisa Anda dapatkan dari Google Analytics:

  • Realtime, yaitu Analisis data website yang selalu update seiring waktu.
  • Demografi pengunjung, informasi mengenai pengguna aktif, jumlah tayangan, total pengguna baru.
  • Perilaku pengunjung, detail frekuensi kunjungan, engagement (durasi sesi dan jumlah halaman yang dibuka dalam satu sesi), kemungkinan konversi, dan lainnya.
  • Jumlah trafik, informasi seputar tren trafik, referral link ke website Anda, dan sumber trafik secara umum.
  • Sumber trafik, data traffic yang bersumber dari organik, direct, referral, ataupun media sosial.
  • Kecepatan website, urutan halaman populer beserta waktu loading, dilengkapi saran untuk mempercepat loading halaman.

Dengan semua data ini, tentu saja Anda bisa menentukan apa saja langkah yang perlu Anda lakukan berikutnya. Tentu saja interpretasi data melupakan hal yang harus Anda lakukan terhadap semua data ini. Dan itu yang tidak mudah.

Pelajari fungsi Google Analytics dalam meningkatkan performa website di artikel ini.
Tangkapan Layar Google Analytics

Jika Anda merupakan pemain baru di dunia SEO mungkin akan bingung, tools apa yang akan Anda gunakan. Anda tidak perlu memilih, gunakan semua tools yang Saya sebutkan di artikel ini. Bisa Saya bilang kalau inilah tools wajib yang perlu Anda gunakan sebagai permulaan (sebelum menggunakan tools lain, apalagi yang berbayar) untuk melakukan SEO.