Visualisasi teknik SEO on page
Oktober 5, 2021 Oleh Prima Nursyami 1

Pengaturan Teknik SEO On Page [Komponen Strategi SEO]

Untuk melakukan optimasi terhadap sebuah website, kita perlu melakukan peningkatan faktor peringkat kepada 3 faktor utama. Ketiga faktor tersebut yaitu: pengaturan teknis website, konten dan link. Pada kesempatan kali ini, mari kita fokus terhadap pengaturan teknik SEO on page.

Sebelum melanjutkan, Kamu harus pastikan kalau Kamu sudah paham prinsip dasar kerjanya SEO. Cek disini untuk cara menaikan ranking website di Google.

Menurut Hubspot, website perlu tiga hal untuk mendapatkan peringkat pada mesin pencarian. Pertama, tentu saja mesin pencarian harus menemukan halaman kita di web.

Selanjutnya, mesin pencarian perlu memindai halaman untuk memahami topik yang terdapat di dalamnya dan mengidentifikasi kata kunci.

Pada akhirnya, mesin pencarian perlu untuk menambahkan halaman tersebut ke dalam index. Index sendiri yaitu merupakan database dari semua konten yang terdapat di web. Dengan cara ini, algoritma bisa mempertimbangkan untuk menampilkan halaman website kita untuk query yang relevan.

Sekilas terlihat seperti sangat simpel. Tentu saja seperti tidak ada hal yang benar-benar mengkhawatirkan. Analogi yang mudah seperti ini, jika kita mampu mengunjungi sebuah situs dengan mudah, begitu pula dengan mesin pencarian, begitu kan?

Sayangnya, justru di situ lah masalahnya. Sebuah halaman pencarian akan terlihat berbeda antara kita sebagai manusia dan mesin pencarian. Kita melihat halaman web sebagai kumpulan grafis, warna, teks dengan formatnya dan banyak link.

Untuk Mesin Pencarian, Tidak Ada Hal Lain yang Dibaca Selain Teks

Oleh karena itu jika ada elemen yang tidak bisa di-render sebagai teks, elemen tersebut tidak akan terbaca oleh mesin pencarian. Intinya, walaupun sebuah halaman web mungkin terlihat sangat baik di mata kita, namun Google belum tentu bisa melihat konten dari halaman tersebut.

Perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Halaman sesungguhnya hanyalah kumpulan teks. Sekalipun kita membuat desain web dengan sangat cantik, elemen yang mampu terbaca oleh mesin pencarian hanyalah teks dan link.
  • Oleh karena itu mesin pencarian tidak bisa melihat gambar di dalam halaman. Mesin pencarian hanya dapat mengenali halaman dari judulnya. Jika gambar tersebut mengandung keyword yg penting, kita ingin keyword tersebut menjadikan halaman web kita memiliki peringkat yang baik di halaman hasil pencarian.

Untuk itu, pengaturan teknis atau on-site optimization (optimisasi dalam situs) perlu Kita kerjakan. Hal ini Kita lakukan agar Google dapat melakukan pemindaian terhadap website yang sedang Kita optimasi. Faktor-faktor yang paling penting yang berpengaruh dalam on-site optimization yaitu:

Mesin pencarian melakukan crawling. Mereka mengikuti tautan-tautan yang terkandung pada halaman web dan menggunakan tautan tersebut sebagai dasar untuk mencari konten lain yang terkait. Namun seperti yang sudah Kita ketahui, mesin pencarian tidak bisa melihat gambar. Maka atur navigasi dan tautan sebagai teks saja.

Struktur URL yang Simpel

Mesin pencarian tidak suka membaca struktur kata-kata yang kompleks. Maka, jika memungkinkan buat URL tetap pendek. Atur URL dengan mengandung sedikit atau seluruh dari bagian kata kunci utama yang kita inginkan untuk dioptimasi pada halaman terkait.

Kecepatan Halaman

Mesin pencarian memerlukan load time, yaitu waktu yang dibutuhkan oleh pengguna hingga halaman tersebut mampu terbaca. Hal ini sebagai salah satu indikator kualitas dari sebuah website. Banyak elemen dari website yang bisa mempengaruhi kecepatan halaman. Ukuran gambar misalnya. Gunakan Google’s Page Speed Insights Tool untuk mendapatkan rekomendasi untuk meningkatkan halaman webmu.

Tautan yang Mati atau Redirect yang Rusak

Tautan atau link yang mati akan mengirimkan halaman “non eksis” kepada pengunjung. Sedangkan redirect yang rusak akan menuju sumber yang mungkin sudah tidak eksis. Beda secara teknis tapi memberikan efek yang sama, yaitu keduanya akan memberikan pengalaman yang buruk kepada pengguna. Selain itu juga kedua hal ini akan mencegah halaman pencarian dari mengindeks kontenmu.

Sitemap dan File Robots.txt

Sitemap adalah file sederhana yang memiliki daftar keseluruhan URL yang terdapat pada sebuah website. Mesin pencarian menggunakan file ini untuk mengidentifikasi halaman apa saja yang akan mendapatkan crawling dan indexing.

Sedangkan file robots.txt memiliki fungsi untuk memberitahu mesin pencarian mana saja konten yang tidak akan diindeks (sebagai contoh yaitu jika Kamu tidak mau halaman “syarat dan ketentuan” muncul di hasil pencarian). Menggunakan kedua file ini akan mempercepat proses crawling dan indexing untuk halaman websitemu.

Konten Duplikat

Halaman-halaman yang memiliki konten yang identik atau cenderung mirip akan membuat mesin pencarian bingung. Mesin pencarian hampir tidak akan mampu untuk memilih mana konten yang akan tampil di halaman hasil pencarian jike terdapat duplikat.

Karena alasan ini, mesin pencarian akan mempertimbangkan duplikat konten sebagai faktor yang negatif terhadap SEO. Jika hal ini terjadi, mesin pencarian akan memberikan hukuman, yaitu salah satu atau semua halaman duplikat tersebut tidak akan muncul dalam halaman hasil pencarian.

Pengaturan teknik SEO on page bukanlah hal yang begitu sulit untuk dilakukan. Lakukan faktor-faktor ini kepada websitemu sebelum melakukan dua hal lainnya yaitu konten dan link.