seo digital marketing
Desember 25, 2021 Oleh Prima Nursyami 0

SEO Digital Marketing: Pengertian dan Cara Kerjanya

Pemasaran dengan teknik SEO digital marketing merupakan hal yang mutlak untuk Anda lakukan. Setidaknya jika Anda yang ingin melakukan pemasaran secara digital. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencarian jika kita translasikan ke dalam bahasa Indonesia.

SEO yang efektif dapat membantu pengguna (mesin pencarian) untuk menemukan produk atau layanan Anda. Dalam hal ini juga Anda dapat membangun kepercayaan merek Anda di hadapan prospek. Dan yang paling penting adalah, pada akhirnya SEO akan meningkatkan potensi tingkat konversi penjualan.

Untuk melakukan SEO yang baik, sangat penting bagi kita untuk terlebih dahulu memahami apa itu SEO. Sehingga selanjutnya kita bisa mempelajari bagaimana cara kerja SEO hingga akhirnya kita bisa menerapkan hal itu ke dalam strategi pemasaran digital. Hal tersebut akan Saya bahas dalam artikel kali ini, mudah-mudahan dapat membantu Anda.

Pengertian SEO Digital Marketing

Seperti yang sudah saya sebut di awal, SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. SEO secara teknis mengacu kepada proses peningkatan kuantitas dan kualitas trafik organik ke suatu situs web.

SEO yang baik dan trafik organik yang datang kepada suatu website seperti hubungan sebab dan akibat. Perlu Anda ingat kembali, bahwa pengunjung yang datang kepada suatu situs web bisa dari berbagai sumber. Trafik misalnya bisa datang dari kampanye iklan berbayar, dari referall atau trafik langsung. Sedangkan jika kita membahas SEO, ia akan mendatangkan trafik dari pengunjung situs yang menemukan situs web Anda melalui pencarian atas suatu query di mesin pencarian (misalnya google chrome, bing, dll).

Prosesnya secara umum akan seperti berikut ini:

  1. Pengguna akan membuka mesin pencarian, contohnya google chrome.
  2. Ia akan mengetikkan suatu query pencarian di dalam kolom pencarian.
  3. Setelah eksekusi, mesin akan menampilkan beberapa hasil pencarian yang berkaitan dengan query yang sebelumnya pengguna masukkan.
  4. Hasil pencarian yang muncul di halaman pertama ini yang merupakan sekumpulan situs dengan SEO optimum (untuk kata kunci terkait).

SEO selalu terkait dengan kata kunci. Jika kita menyebutkan bahwa suatu situs mempunyai SEO baik, maka kita seharusnya bisa mengidentifikasi juga kata kunci apa yang terkait. Semakin baik suatu performa SEO suatu situs, maka posisi hasil pencariannya akan semakin naik menuju peringkat satu. Tentu saja untuk kata kunci tertentu.

Cara Kerja Search Engine Menampilkan Hasil Pencarian

Jika ingin melakukan optimasi mesin pencarian (SEO) maka penting bagi kita untuk terlebih dahulu memahami bagaimana proses yang terjadi di dalam mesin pencarian. Ibaratnya, jika kita ingin menaklukan musuh, wajib bagi kita untuk memahami siapa mereka.

Query, yaitu kata atau frasa yang pengguna inputkan di kolom pencarian adalah “petunjuk” bagi mesin pencarian. Mesin pencarian mempunyai misi untuk memberikan informasi atas pertanyaan pengguna tersebut.

Lalu bagaimana mesin pencarian memberikan informasi yang sesuai? Sesungguhnya informasi ini tidaklah diketahui secara umum. Para ahli SEO mengumpulkan informasi berdasarkan riset yang mereka lakukan. Proses apa yang sebetulnya terjadi? Hanya mesin tersebut yang tahu, dan para penciptanya.

Mesin pencarian menampilkan hasil pencarian berdasarkan relevansi. Semakin relevan suatu halaman situs web maka peringkat kemunculannya akan semakin tinggi.

Para ahli SEO menyimpulkan bahwa terdapat tiga tahap yang terjadi pada mesin pencarian dalam menentukan peringkat suatu halaman situs web, yaitu crawling, indexing dan ranking.

Crawling

Tahap paling awal yang mereka (mesin pencarian) lakukan adalah crawling. Masin pencarian melakukan perayapan terhadap situs web untuk memeriksa konten, struktur hingga pada akhirnya relevansi.

Dalam melakukan crawling, mesin pencarian membutuhkan waktu yang bervariasi, tegantung kepada struktur web yang mereka rayapi. Terkadang sebuah website yang baru akan mereka rayapi setelah beberapa minggu. Sehingga sebelum mereka melakukan crawling terhadap website tersebut maka halaman web tersebut tidak akan muncul di halaman hasil pencarian.

Namun Anda bisa membuat sitemap lalu melakukan submit kepada mesin pencarian agar situs web Anda segera mereka crawl. Bagaimana cara membuat sitemap dan melakukan submit kepada mesin pencarian? Hal ini akan kita jelaskan pada artikel yang lain.

Indexing

Setelah mesin pencarian melakukan crawling, selanjutnya mereka akan melakukan indexing. Jika kita bayangkan sebuah perpustakaan, website yang sebelumnya dirayapi oleh mesin pencarian akan mereka simpan di suatu lokasi. Inilah maksudnya indexing.

Misalnya jika website Anda memiliki konten yang mereka pahami sebagai konten “digital marketing” maka mereka akan menaruh halaman situs web Anda di bagian yang sama, yaitu digital marketing. Sehingga ketika mesin pencarian akan menampilkan tautan web Anda di halaman hasil pencarian, mereka akan segera menemukannya.

Ranking

Tahap ranking ini menentukan urutan ke berapa halaman situs web kita tampil di halaman hasil pencarian. Tentunya setelah mereka melakukan indexing. Semakin relevan suatu halaman situs maka semakin berpotensi suatu halaman untuk dapat tampil di halaman pertama, bahkan urutan pertama.

Dengan memahami tiga tahap yang terjadi pada mesin pencarian ini maka kita dapat mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam melakukan SEO. Lalu apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan SEO? Para ahli SEO biasanya membagi menjadi dua tipe, berdasarkan “lokasi halaman” yang menjadi objek optimasi.

Dua Tipe SEO Digital marketing

Secara teknis, para ahli SEO biasanya membagi SEO ke dalam dua tipe, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

SEO on-Page

Segala hal yang Anda lakukan di dalam situs dan konten yang Anda buat dalam rangka optimasi pencarian adalah SEO on-Page. Riset kata kunci, tautan internal, pembuatan navigasi situs dan pengalaman pengguna yang baik adalah beberapa contoh bagian dari SEO on-Page.

Pengaturan SEO on-Page memungkinkan Anda untuk memilih halaman dan konten apa yang Anda ingin optimasi. Pengaturan seperti halaman A yang ingin Anda optimasi dengan kata kunci A, atau semacamnya. Hal ini akan meningkatkan relevansi antara website dengan konteks yang Anda tuju. Sehingga akhirnya pengaturan ini akan mempengaruhi bagaimana cara situs Anda akan muncul di hasil pencarian yang pengguna lakukan.

Secara lebih rinci, silahkan cek artikel saya tentang pengaturan teknik SEO on-page.

SEO off-Page

Hal-hal yang Anda lakukan di luar dari website atau konten internal Anda adalah bagian dari SEO off-Page. Tidak banyak hal yang bisa Anda lakukan di bagian ini. Namun hal ini sangat berpengaruh terhadap autorisasi dari website Anda.

Backlink atau link building sama dengan SEO off-page. Backlink atau tautan balik adalah ketika website lain menautkan salah satu dari halaman milik website Anda untuk mereka jadikan referensi. Anda mungkin berpikir keras, bagaimana cara kita bisa menautkan link di sebuah artikel di dalam website milik oranglain? Memang inilah tantangannya.

SEO off-page lebih sulit untuk Anda bangun daripada SEO on-page. Karena SEO on-page secara umum bisa Anda atur sendiri, sehingga Anda bisa tuai efeknya beberapa waktu kemudian. SEO off-page, dalam hal ini link building membutuhkan suatu hubungan relasi agar Anda bisa menautkan tautan asal website Anda di dalam website oranglain.

Tipe SEO ini bisa secara otomatis terbangun ketika Anda sudah mempunyai kualitas website dan konten yang sudah sangat baik. Konten yang baik akan banyak menjadi referensi sehingga secara otomatis mereka akan menautkan balik halaman web Anda.

Simak artikel saya mengenai link Link Building SEO: Pengertian dan Cara Melakukannya, agar Anda dapat lebih memahami bagaimana cara melakukannya.

Lakukan Sekarang Karena SEO Harus Dibangun secara Kontinu

Kini Anda sudah mengetahui pengertian dari SEO. Anda juga mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencarian melakukan pencarian dan menampilkan hasilnya. Anda juga mungkin sudah mengetahui tentang SEO on-page dan SEO off-page.

Bagaimanapun tingkat keahlian Anda dalam melakukan SEO, yang penting adalah lakukan mulai sekarang juga. Karena SEO tidak bisa Anda bangun dalam waktu satu atau dua hari. Semakin cepat Anda mulai, walaupun di kemudian hari Anda melakukan banyak revisi maka akan semakin cepat Anda mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika Anda rasa membangun SEO adalah pekerjaan yang tidak ingin Anda lakukan sendiri, silahkan hubungi Zatdigi dan temukan bagaimana kami bisa melakukan optimasi SEO untuk Anda.